Optimalisasi Aspek Pendidikan Pada Anak dan Remaja di Dusun Karanlo Desa Barukan Kecamatan Tengaran Kebupaten Semarang

Authors

  • Afifah Ulayanti Hidayah Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hamid Nur Muhajir Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nora Qorina Prodi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pairus Utami Prodi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Munir Munir Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Metode Evaluasi, Pendidikan

Abstract

Mahasiswa memiliki peran penting untuk memberikan perubahan atau agent of change bagi masyarakat, sesuai dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian pada masyarakat, program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang diberikan oleh perguruan tinggi kepada masyarakat sebagai wujud nyata yang bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja nyata lapangan dalam bidang membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pekerjaan dilapangan. Selain itu, KKN juga bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf pengetahuan dan keterampilan sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraannya. Metode evaluasi pelaksanaan program kegiatan KKN ditinjau dari keberlangsungan program kerja dan keefektifan keberlangsungan program pada sasaran dari setiap program kerja. Ditengah Pandemi yang sedang dirasakan menjadikan segala aktivitas yang melibatkan kegiatan publik harus dihentikan untuk sementara waktu. Hal ini juga berlaku dalam dunia pendidikan. Artikel yang ditulis ini merupakan bentuk dari pengabdian yang dilaksanakan selama KKN mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2021 yang dilaksanakan di Desa Barukan, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Keterbatasan sistem belajar virtual dan alat menyebabkan banyak siswa yang mengalami kesulitan saat belajar serta waktu yang terbuang sia-sia. Pemanfaatan waktu luang dengan siswa-siswi di Dusun Karanglo yang didampingi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati 2021 menjadi program kerja yang inovatif di tengah pandemi.

Kata kunci : KKN, Metode Evaluasi, Pendidikan

References

Aliwar. (2016). Penguatan Model Baca Tulis Quran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA). Al-Ta'dib, 22.

Eldaroini, & Yanuri. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Pendidikan PPs Universitas PGRI Palembang 2021, 189.

LP2M. (2021). Petunjuk dan Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. Pusat Pengabdian Kepada Masyarkat UIN SGD Bandung.

Nelly, A., Dewi, K., & Novi, A. (2021, Januari 15-16). Pendidikan Telaah Dari Aspek Pembelajaran Daring Dampak Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, p. 310.

Sukidjo. (2000). Tujuan dan Khalayak Sasaran. Yogyakarta: LPM Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Ulayanti Hidayah, A. ., Nur Muhajir, H. ., Qorina, N. ., Utami, P. ., & Munir, M. (2022). Optimalisasi Aspek Pendidikan Pada Anak dan Remaja di Dusun Karanlo Desa Barukan Kecamatan Tengaran Kebupaten Semarang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(86), 46–61. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1199

Issue

Section

Articles