Budidaya Tanaman Daun Bawang dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Rumah Tangga

Authors

  • Fuji Nur’Oktapiana Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Siti Sarah ANS Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Firmansyah Firmansyah Hukum Keluarga, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Sahudin Sahudin Manajemen Keuangan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Asep Andi Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Limbah, Plastik, Daun Bawang

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam jurnal ini yakni mengenai pembudidayaan tanaman daun bawang dengan menggunakan media tanam pada limbah plastik rumah tangga yang ada  di RT 01 Padakati, Desa Tegallega RT 01/RW 01, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dan pemanfaatan lahan kosong di RT 01 Padakati. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pembudidayaan tanaman dengan menggunakan media tanam tanah pada plastik bekas yang bisa dilakukan di rumah dan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami daun bawang. Apalagi pada masa pandemi ini masyarakat dihimbau untuk selalu ada dirumah guna memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Metode yang digunakan yakni dengan observasi melalui pendekatan berupa sosialisasi kepada masyarakat sekitar. Baik secara individu maupun kelompok masyarakat akan mendapatkan pengalaman dari bidang yang sebelumnya belum pernah dilakukan, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan ini harapannya juga akan membawa manfaat pada peningkatan ekonomi pada masa pandemi yaitu dengan bentuk hasil dari penanaman tersebut nanti dapat membantu ketahanan pangan keluarga ataupun dapat diperjual belikan.

References

Alpiana, Diah Rahmawati, Joni Safaat Adiansyah. 2018. ‘Pembentukan Taman Hijau Dengan Menggunakan Sampah Plastik’. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan.

Andri Pandu B., Eriyanto, Muthia Azzahra W., Rizky Yurido, Suryo Agung F., dan Siti Maryatul Kiptiyah, S.Si., S.Pd., M.Pd.. ‘Pemanfataan Sampah Plastik Bekas Sebagai Media Tanam Budidaya Tanaman Sayur Sawi Hijau.’ Jurnal kkn unnes.

Ariani. 2018. Pemanfaat Botol Plastik Bekas Menjadi Media Tanam (POT) di Lahan Sempit. ABDIMAS PEDAGOGI : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, VOL 2 NO 1 OKTOBER 2018 : 1-7.

Communnity Development Journal Vol.1 No. 3 November 2020, Hal.259-260

Damayanti, Fitri dan Titin Supriyatin. 2020. ‘Bercocok Tanam Dengan Sistem Hidroponik Brbasis Ramah Lingkungan Melalui Pemanfaatan Sampah Botol Plastik’. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS) Vol. 4, No. 1 April 2020.

Dwiratna. (2016). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Dengan Menerapkan Konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 5, No. 1, hlm 19 – 22.

Hiola, St. Fatmah, Nur Anny Suryaningsih Taufieq, dan Putri Humaira Salsabila. 2020. ‘Pemanfaatan Barang Bekas Dalam Bercocok Tanam Secara Hidroponik Bagi Masyarakat Pesisir’. Jurnal Dedikasi, Vol. 22, No. 1, April 2020.

Jurnal Abdi Mas TPB (www.abdimastpb.unram.ac.id) p-ISSN 2655-7533 Volume 2 Nomor 2 Juli 2020 (hal 11)

Laude, Syamsuddin dan Yohanis Tambing. 2010. ‘Pertumbuhan dan Hasil Bawang Daun (Allium Fistulosum L.) Pada Berbagai Dosis Pupuk Kandang Ayam’. Agroland : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian.

Qibtiah, Mariatul dan Puji Astuti. 2016. ‘Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Daun Bawang (Allium Fistulosum L.) Pada Pemotongan Bibit Anakan dan Pemberian Pupuk Kandang Sapi Dengan Sistem Vertikultur’. Jurnal AGRIFOR Volume XV Nomor 2, Oktober 2016.

Romadhona, Sukron, Joko Sudibya, T. Sutikto, Laily Mutmainnah, dan Arizona Rambi. 2019. ‘Pemanfaatan Limbah Gelas dan Botol Plastik Sebagai Media Tanam Penungjang Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pembentukan Kampung Hidroponik di Lahan Rawa. Warta Pengabdian, Volume 13, Issue 4 (2019).

Sugiharto. 2016. Budi Daya Tanaman Bawang Merah. Semarang : CV Aneka Ilmu.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Nur’Oktapiana, F. ., ANS, S. S., Firmansyah, F., Sahudin, S., & Rahman, A. A. (2022). Budidaya Tanaman Daun Bawang dengan Memanfaatkan Limbah Plastik Rumah Tangga. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(56), 105–116. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1193

Issue

Section

Articles