Upaya Meningkatkan Minat Belajar bagi Siswa SMPQU Pondok Qur’an Ma’had ‘Aliy Boarding School Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Asypa Nurzanah Putry Agroteknologi, Fakultas Sains dan Teknologi, , Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bardan Nashir Asy-syarif Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Ikhwan Aulia Fatahillah Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Sumber Daya Manusia, Belajar, Pemberdayaan, Pendidikan

Abstract

Artkel ini membahas tentang upaya meningkatan minat belajar pada masa pandemi bagi siswa SMPQu Pondok Qur’an Ma’had ‘Aliy Boarding School, yang berlokasi di Desa Girimekar, kecamatan Cilengkrang, kabupaten Bandung, tepatnya di RT. 01 RW 05. Penelitian ini diambil dari salah satu kegiatan kelompok 161 KKN DR SISDAMAS 2021 di sekolah tersebut, dimana saat itu diminta untuk menjadi pembina dan pemateri dalam acara KEMBARA (Kemping Bersama Al-Qur’an). Kami diberi kepercayaan untuk memberikan materi yang berkaitan untuk meningkatkan minat belajar peserta di masa pandemi ini dan juga sekaligus mengenalkan kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada mereka. Upaya meningkatkan minat belajar ini bertujuan agar peserta termotivasi dan minat belajarnya meningkat sehingga mereka semakin berminat untuk bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan ini menghasilkan hasil yang memuaskan dimana peserta sangat antusias dengan materi dan cara penyampaian kami yang dirancang sedemikian rupa agar mudah dipahami dan tidak membosankan. Kami melihat, peserta acara secara moral termotivasi ketika kami memperkenalkan kampus kami dan ruang lingkup kehidupannya serta mereka berani menceritakan cita-citanya pada kami dan berdiskusi banyak hal dengan kami. Keberhasilan ini tercapai karena kerja sama dari pihak pengajar SMPQu Ma’had ‘Aliy dengan kelompok kami serta metode yang digunakan dalam penyamapaiannya juga tepat.

References

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar

Siswa pada Masa Covid-19. 2(3)

Ali Murtadlo & Khusna Widhyahrini (2019). Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah. QUALITY. 7(2). Hal 32-47

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37–46. https://doi.org/10.33005/baj.v3i1.57

Agus Santoso dan Yunni Rusmawati. 2019. Pendampingan Belajar Siswa Di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 36-43.

Sutipyo Ru’iya , Hanif Cahyo Adi Kistoro, Sutarman, Luthfi Ahmad Maulana. (2021). Upaya meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19 melalui media komik . Jurnal COMMUNITY EMPOWERMENT Vol.6 No.6. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta, Indonesia

Yakhirotul Afifah, Monika Rahayu, Mohammad Itmamul Wafa, Sartono Dwi Saputra dan Ita Nuryana. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa SDN Ketangi Melalui Pendampingan Belajar di Rumah Dengan Metode Blended Learning. Jurnal Artikel : https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3317072016_6_Desa%20_20200923_174307.pdf . Semarang, Indonesia.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Putry, A. N., Asy-syarif, B. N., & Fatahillah, I. A. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar bagi Siswa SMPQU Pondok Qur’an Ma’had ‘Aliy Boarding School Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(51), 46–54. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1174

Issue

Section

Articles