Penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Masyarakat Kampung Siderang Legok Kabupaten Garut

Authors

  • Santi Laelasari Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ferli Septi Irwansyah Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pola hidup, Sehat, Siderang legok

Abstract

Penerapan pola hidup sehat adalah suatu upaya guna meningkatkan kualitas kesehatan di masyarakat. Karena minimnya pengetahuan mengenai pentingnya menerapkan pola hidup bersih dan sehat  dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya kesadaran masyarakat di kampung siderang legok dapat dilihat dari kebiasaan yang dilakukan, seperti halnya kesadaran masyarakat yang kurang untuk membung sampah pada tempatnya. Selain itu dalam kebersihan anggota keluarga dapat dilihat dari kurangnya orangtua terhadap kebersihan anaknya, dalam hal asupan makananpun masyarakat masih minim pengetahuan mengenai kualitas gizi. Penelitian ini dilaksanakan dikampung Siderang legok Desa Cintanagara Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenai penerapan pola hidup bersih dan sehat dengan metode sosialisasi yang dilakukan secara langsung terhadap masyarakat kampung siderang legok. Tahap Pegabdian Refleksi sosial, Perencanaan program dan Pelaksanaan serta evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat memahami tentang pentingnya penerapan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

References

Adam Dikorda. (2009). http://luwuutara.go.id Strategi Pembelajaran Menyenangkan Siswa. Diakses pada tanggal 30 Januari 2012

Ade Holis. (2016). Belajar Melalui Bermain untuk Pengembangan Kreativitas dan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, Vol. 09, No. 01, hal 23-37.

Aprida Pane dan Muhammad Darwis Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. 03 No. 2. e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997.

Aswat, H., Sari, E. R., Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi Distance Learning Di Masa Pandemi COVID 19 Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 761–771. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.803.

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

KEMDIKBUD. (2015). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 Peminatan SMK. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjamin Mutu Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Montolalu, B.E.F. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2012.

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yani Nurdiani. (2017). Penerapan Prinsip Bermain Sambil Belajar Dalam Mengembangkan Multiple Inteligencia Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Empowerment, Volume 2, Nomor 2. ISSN No. 2252-4738.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Laelasari , S. ., & Irwansyah, F. S. . (2022). Penerapan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Terhadap Masyarakat Kampung Siderang Legok Kabupaten Garut. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 146–154. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1167

Issue

Section

Articles