Pemberdayaan Masyarakat Peduli Lingkungan dalam Mewujudkan Desa Bersih dan Sehat di Era Pandemi

Authors

  • Anisa Nopiyanti Ilmu Komunikasi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Arif Rahman Hakim Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Riandi Fachrizal Anhar Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila Fatin Ilmu Hukum, Fakultas Syariah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Inne Marthyane Pratiwi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Tarbiyyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Lingkungan, Pengabdian, Penanaman

Abstract

Covid-19 tidak dapat dipungkiri mempengaruhi beberapa aspek, salah satunya adalah lingkungan. Jika diperhatikan, pengaruh pandemi terhadap lingkungan sangat besar dan positif, namun di Desa Pondok Bungur, kecamatan Pondoksalam, kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat, tidak ada peningkatan sama sekali dalam aspek lingkungan, oleh karena itu dengan menggunkana metode pengamatan, pelaksanaan (pembuatan tempat sampah, penanaman bibit) dan juga evaluasi, kami bertujuan untuk membuat desa yang bersih dan sehat bagi warga Desa Pondok Bungur, karena belum ada tempat pembuangan sampah yang memadai, akhirnya kamipun memutuskan untuk memutuskan untuk membuat beberapa tempat sampah yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait lingkungan dan juga memberikan contoh bahwa pembuatan tempat sampah tidak lah sulit dan sangat murah dalam segi biaya. Pembelajaran kepada generasi penerus pun perlu dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan, dengan program yang kami jalankan, kebersihan dan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan telah meningkat.

References

Bukhari. 2008. ‘Desain Dakwah Untuk Pembinaan Keagamaan Komunitas Elit Intelektual’. Ulumuna:Jurnal Studi Keislaman XII(2).

De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Sujimat, D. Agus. 2000. Penulisan karya ilmiah. Makalah disampaikan pada pelatihan penelitian bagi guru SLTP Negeri di Kabupaten Sidoarjo tanggal 19 Oktober 2000 (Tidak diterbitkan). MKKS SLTP Negeri Kabupaten Sidoarjo

Suparno. 2000. Langkah-langkah Penulisan Artikel Ilmiah dalam Saukah, Ali dan Waseso, M.G. 2000. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah, 40-74, Malang: UM Press.

UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal, Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Effendy, Uchjana, Onong. 1989. Sistem Informasi manajemen. Bandung: Mandar Maju.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Nopiyanti, A. ., Hakim, A. R. ., Anhar, R. F. ., Fatin, S. ., & Pratiwi, I. M. . (2022). Pemberdayaan Masyarakat Peduli Lingkungan dalam Mewujudkan Desa Bersih dan Sehat di Era Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(87), 123–136. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1165

Issue

Section

Articles