Pengabdian Membangun Kesadaran Diri dalam Bingkai Ekologi sebagai Usaha Mengembalikan Keseimbangan Alam bersama Komunitas Mulasara

Authors

  • Dinan Salman Alfarisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Etis Ramdan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Feby Fauzul Kabir UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ulfah Habibah Azzahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Alam, Ekologi, Kesadaran Diri, Mulasara

Abstract

Ekologi sebagai suatu ilmu yang mempelajari mengenai interaksi sesama makhluk hidup maupun dengan komponen di sekitar menjadikan kondisi alam bergantung padanya. Segala tindak perbuatan akan berpengaruh terhadap keseimbangan alam dan keberlangsungan hidup. Kebutuhan manusia yang terus-menerus meningkat seiring berkembangnya zaman menjadikan alam sebagai target pemenuhan kebutuhan. Pemanfaatan yang berlebihan dan rusaknya ekosistem menjadi hubungan timbal balik yang memberikan pelajaran agar senantiasa menjaga kondisi alam mulai dari sektor terkecil yaitu diri sendiri. Tujuan pengabdian ini tidak lain untuk meningkatkan kesadaran diri masyarakat terhadap potensi dan kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya sebagai usaha mengembalikan keseimbangan alam. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis berkolaborasi dan mendalami konsep yang diusung oleh komunitas Mulasara, meliputi pemberian penjelasan berbagai permasalahan beserta jalan keluar dengan langkah edukasi, refleksi, dan implementasi. Melalui kegiatan yang telah dilaksanakan, anggota maupun khalayak sasaran lebih bersikap peduli terhadap lingkungan dan mencoba untuk terus meningkatkan pengetahuan ekologi dan menerapkan di kehidupan sehari-hari.

References

Beelt, Radni T. 2018. Unpleasant. Jurnal Mulasara Collective Project. Mixed Media.

Fikri, M. Zahrul. 2017. Konsep Ekologi Berdasarkan Sunnatullah Sebagai Landasan Pembentukan Insan Kamil Dan Relevansinya Dengan Nilai PAI. Tesis, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence Why it Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books.

Helmi, Zul. 2018. Konsep Khalifah fil Ardhi dalam Perspektif Filsafat: Kajian Eksistensi Manusia sebagai Khalifah. Jurnal Intizar, Vol.24, No.1.

Suyud Warno, U., Sutriyono., & Reda, R. Pengertian, Ruang Lingkup Ekologi dan Ekosistem. Modul 1.

Tafsir, Ahmad. 2019. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.

UU No 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Yoga Priastomo, dkk. 2021. Ekologi Lingkungan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Salman Alfarisi , D. ., Ramdan , E. ., Kabir, F. F. ., & Azzahra, U. H. . (2023). Pengabdian Membangun Kesadaran Diri dalam Bingkai Ekologi sebagai Usaha Mengembalikan Keseimbangan Alam bersama Komunitas Mulasara. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 139–150. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1157

Issue

Section

Articles