Pendampingan Belajar serta Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Keterampilan di Kampung Tanjung saat Pandemi Covid-19

Authors

  • Siti Nur Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khoiruddin Muchtar UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Pendampingan, Belajar, Keterampilan, Pandemi

Abstract

Pandemi COVID-19 di Indonesia memberikan dampak yang luar biasa dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat terutama dunia pendidikan. Sekolah yang dirumahkan menimbulkan permasalahan yang cukup krusial bagi perkembangan anak. Tujuan artikel ini untuk menjelaskan betapa pentingnya pendampingan belajar terhadap siswa serta perlunya meningkatkan kualitas penidikan dan keterampilan di masa pandemi. Kegiatan dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung di Kampung Tanjung RT.02. Terdapat beberapa program yang dilaksanakan dalam kegiatan ini yakni (1) Pendampingan belajar, (2) peningkatan kualitas pendidikan , dan (3) peningkatan kualitas keterampilan. Pengabdian ini dilakukan dengan metode (1) mengajak secara langsung para siswa untuk belajar bersama, (2) mendampingi siswa untuk belajar di Saung Ilmu, (3) memberikan pelatihan komputer dan (4) mendorong orangtua untuk terus mendukung putra-putrinya untuk menempuh pendidikan hingga bangku kuliah. Program tersebut telah terlaksana dengan baik dan respon masyarakat yang sangat positif memberikan dampak yang positif pula bagi masyarakat Kp. Tanjung RT.02.

References

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7 (4) 281-288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Atsani, Lalu Gede. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandmei COVID-19. Jurnal Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam 1(1), 82-93.

Azzahra, Nadia. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Center for Indonesian Policy Studies. https://doi.org/10.35497/309163

Herliandry, Luh Devi, dkk. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan 22 (1) 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Kartono, Kartini. (1985). Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali

Kwartolo, Y. (205). Menyiapkan guru yang berkualitas dengan penekatan micro teaching. Jurnal Pendidikan Penabur, 4 (4), 98-105.

Rosidah, Ilmiyatur. dkk. (2020). Pendampingan Pembelajaran Serta Upaya Peningkatan Fasilitas Pendidikan di Desa Kraton Pada Masa Pandemi COVID-19. AlKhidmat : Jurnal Pengabidan Kepada Masyarakat 3 (2). https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9585

Sudrajat, Jajat. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis 13 (1), 100-110. http://dx.doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Wardani, Anita & Yulia. (2020). Analisis kendala orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5 (1), 772-782.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Nur Azizah, S. ., & Muchtar, K. . (2023). Pendampingan Belajar serta Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Keterampilan di Kampung Tanjung saat Pandemi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 129–138. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1156

Issue

Section

Articles