Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Berbasis Minyak Kelapa di Ma Al-Hidayah sebagai Upaya Pencegahan Covid-19

Penulis

  • Robiatul Adawiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ichsan Budiman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

cuci tangan, covid-19, KOH, minyak kelapa, sabun

Abstrak

Covid-19 merupakan jenis penyakit baru yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 dari jenis corona virus. Saat ini Penyakit  covid-19 telah menyebar dengan luas ke hampir seluruh negara yang ada di dunia, termasuk negara Indonesia, dan WHO telah menetapkannya sebagai pandemi global. Perilaku yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap virus Covid-19 salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan sabun. Sabun cair merupakan produk yang cocok pada masa pandemi saat ini karena praktis, mudah disimpan dan dapat dibawa kemana-mana. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya pencegahan diri terhadap Covid-19 dan untuk memberikan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan berbahan dasar minyak kelapa, Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2021 di MA Al-Hidayah kampung Sangkan desa Laksana kecamatan Ibun Kabupaten Bandung. Peserta KKN melakukan 3 tahapan dalam pelaksanaan pkm ini, yang pertama tahap persiapan meliputi identifikasi masalah, perijinan, persiapan alat dan bahan serta pembuatan sabun biang. Tahap pelaksanaan dilakukan pemberian materi mengenai pencegahan covid-19 dan pelatihan serta praktek pembuatan sabun cair berbahan dasar minyak kelapa, selanjutnya tahap evaluasi dilakukan dengan melihat keaktifan siswa/i dan kemampuan dalam pembuatan sabun cair cuci tangan. Hasil yang dicapai pada kegiatan ini siswa/i MA Al-Hidayah mampu melaksanakan kegiatan dengan baik, siswa/i mampu memahami materi yang disampaikan. Sabun cuci tangan yang dihasilkan memiliki mutu yang lumayan bagus dengan karakteristik memiliki warna kuning cerah, tekstur sedikit kental, pembusaan lumayan banyak, memberi kesan kesat setelah dipakai, namun untuk aroma sabun masih kurang harum.

Referensi

Akim, M. (2013). Efektivitas Hand Sanitizer Dibanding Mencuci Tangan Memakai Sabun dalam Menjaga Kebersihan Tangan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2012. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.

Chaudhary, N. kumar, Chaudhary, N., Dahal, M., Guragain, B., Rai, S., Chaudhary, S., Sachin, K. ., Khadka, R., & Bhattarai, A. (2020). Fighting the SARS CoV-2 (COVID-19) Pandemic with Soap. Preprints, 2.

Kemenkes, R. (2020). Panduan Cuci Tangan Pakai Sabun. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Panduan_CTPS2020_1636.pdf

Listari, N., Isviyanti, & Triandini, I. G. A. A. H. (2020). Pembuatan Hand Sanitizer Alami di tengah Upaya Mengatasi Kelangkaan pada Masa Pandemi COVID-19 di SMK Bhakti Kencana Mataram. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Natural, A. (2020). Natural Coconut Liquid Soap Process. https://www.youtube.com/watch?v=Z6e-mue0w98&t=2s

Predianto, H., Momuat, L., & Sangi, M. S. (2017). Produksi Sabun Mandi Cair Berbahan Baku VCO Yang Ditambahkan Dengan Ekstrak Wortel (Daucus carrota). Chem.Prog, 10(1).

Priani, S. ., & Lukmayani, Y. (2010). Pembuatan Sabun Transparan Berbahan Dasar Minyak Jelantah Serta Hasil Uji Iritasinya pada Kelinci. Prosiding SNaPP 2010, 31–48.

Purba, I. P. M. H. (2021). Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan Di Jawa Timur Menghadapi Pandemi Covid 19. Pahlawan, 4, 1–11.

Rosa, D., Novia, J., Pranasti, E. A., Setiawan, B., & Megawaty, F. (2020). Pelatihan Pembuatan Sabun Herbal Dan Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun Di SMA Ora Et Labora Tangerang Selatan, Banten. Jurnal Sinergitas PkM & CSR, 4(2).

Widyasanti, A., Winaya, A. T., & Rosalinda, S. (2019). Pembuatan Sabun Cair Berbahan Baku Minyak Kelapa Dengan Berbagai Variasi Konsentrasi Ekstrak Teh Putih. Agrointek, 13(2), 132–142.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Adawiyah , R. ., & Budiman, I. . (2023). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Berbasis Minyak Kelapa di Ma Al-Hidayah sebagai Upaya Pencegahan Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 86–98. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1153

Terbitan

Bagian

Articles