Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak pada Masa Pandemic di Kelurahan Cipadung Wetan

Authors

  • Sera Siti Sarah Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rahmat Taufiq Mustahiq Akbar Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Motivasi Belajar, Pandemi, Taman Pintar

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia sedang mengalami tantangan baru yang disebabkan karena adanya wabah virus Covid-19, yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan dialihkan kepada metode pembelajaran online atau dalam jaringan (daring). Adanya gangguan dalam proses pembelajaran menyebabkan terjadinya beberapa perubahan terhadap peserta didik yang pada akhirnya berpengaruh terhadap motivasi belajarnya. Setelah mengetahui problematika yang ada bisa menjadi bahan evaluasi dan mencari solusi lebih dini agar pendidikan dapat berjalan sesuai tujuan pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu, dengan dilaksanakannya kegiatan KKN ini dapat menjadi salah satu solusi atas problematika yang terjadi saat ini. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan KKN-DR 2021 adalah metode yang telah diberikan oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung yaitu Sisdamas (Berbasis Pemberdayaan Masyarakat). Yang menjadi sasaran dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah anak SD di Cipadung Wetan dengan jumlah 7 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlu adanya peran guru dalam upaya untuk memberikan motivasi pada masa saat ini untuk meningkatkan semangat belajar anak. Oleh karena itu, diadakan taman pintar sebagai solusi dari permasalahan yang ada di kelurahan Cipadung Wetan ini.

References

Anissa Windarti. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia,”

Anissa Windarti, Zaharah, Galia Ildusovna Kirilova. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities In Indonesia.” 2020, Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 07, no. 03 (t.t.): 269–82. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15104.

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

El Hakiem, Ahmed Ainul Fuadie. (2017). Model Peningkatan Pola Kerja Keras Melalui Religiosity, Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik (Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Kudus).

Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(2), 136–148. Emda, Amna. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Kiswoyowati, Amin. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa. Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(1), 12–16.

Astini, Ni Komang Suni. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid. Lembaga Lampuhyang. e-journal.stkipamlapura.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas), Pengabdian di Masa Pandemi, Bermitra dengan Satgas Covid-19. hlm. 7.

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Sarah, S. S., & Akbar, R. T. M. (2022). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Anak pada Masa Pandemic di Kelurahan Cipadung Wetan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(44), 125–133. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1149

Issue

Section

Articles