Peran Mahasiswa dalam Pola Interaksi Sosial dengan Masyarakat dalam Program Kuliah Kerja Nyata dari Rumah

Penulis

  • Dimas Adjie Pramudya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Faizal UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila Alfiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salsabila Firdausiyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kuliah Kerja Nyata, Pengabdian, Interaksi Sosial

Abstrak

Masyarakat merupakan sebuah sistem yang utuh dengan individu dan kelompok sebagai struktur sosial yang membangun masyarakat sebagai sistem yang utuh dengan segala nilai, norma, perubahan, dinamika dan lain sebagainya. Kuliah Kerja Nyata merupakan wadah pengabdian yang diselenggarakan dengan tujuan pembelajaran kepada mahasiswa. Kuliah Kerja Nyata dilakukan di Kampung Pendeuy Desa Singajaya Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Dari metode observasi dan metode dokumentasi, mahasiswa melakukan pengabdian dengan membentuk beberapa program yang berdasarkan aspek sosial yakni kerja sama dalam pendidikan, penyaluran bantuan sosial, sosialisasi protokol kesehatan dan sosialisasi parenting. Dalam penulisan artikel ini memuat pemaparan mengenai aspek sosial dengan menjabarkan konsep interaksi sosial mahasiswa dengan masyarakat Kampung Pendeuy dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata.

Referensi

(DEWI 2019) De Porter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1992. Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan oleh Alwiyah Abdurrahman, 35-40. Bandung: Penerbit Kaifa.

Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ditjen PAUDNI, Kemendiknas. 2011.

(Pramanik 2020), Dampak Bantuan Paket Sembako dan Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Padalarang Pada Masa Pandemi Covid-19.

(Soekanto, 2015) Soekanto, Soerjono. 2015. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

(Rahman, 2011), Rahman, Muhammad Taufiq. 2011. Glosari Teori Sosial. Bandung: Penerbit Ibnu Sina Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Adjie Pramudya, D. ., Faizal, M. ., Alfiana, S. ., & Firdausiyah, S. . (2023). Peran Mahasiswa dalam Pola Interaksi Sosial dengan Masyarakat dalam Program Kuliah Kerja Nyata dari Rumah . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 45–54. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1144

Terbitan

Bagian

Articles