Pemberdayaan Literasi Media dan Teknologi kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Masadji Sukma Mulya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Saepulrohim UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Aktivitas, Digital, Media, Pandemi, Teknologi

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat mengubah kebiasan pada aktivitas mereka. Dan media digital juga teknologi berperan penting dalam membantu masyarakat untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Adanya heterogenitas dalam masyarakat perkotaan menjadikan kesibukkan pada kebiasaan secara langsung beralih melalui media dan teknologi. Dalam aspek pendidikan, anak-anak dan remaja diharuskan belajar dari rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Adanya adaptasi baru tersebut menjadikan teknologi dan media digital menjadi kebutuhan utama dalam aktivitas di masa pandemi. Pengabdian yang dilakukan untuk membentuk masyarakat yang menggunakan teknologi juga memiliki kemampuan dan kebermanfaatan dalam menggunakan media digital. Adapun bagi remaja dan dan anak-anak mampu mengelola dan cermat dalam mempraktikkan teknologi di masa pandemi agar tidak terjerumus untuk melakukan yang bukan seharunya dilakukan. Metode pengabdian KKN-DR yang dilakukan melalui media teknologi berupa media sosial yang sudah dimiliki oleh semua masyarakat setempat. Hasil pengabdian yang didapatkan adalah berfungsi dan berjalannya penggunaan media dan teknologi yang dipergunakan pada masyarakat seperti komunikasi jarak jauh. Selain itu kebermanfaat teknologi dapat digunakan oleh para remaja dan anak-anak dalam aktivitas sehari-hari yaitu penggunaan aplikasi desain grafis.

References

Herlina, Dyna. 2019. Literias Media: Teori dan Fasilitasi. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Nurmalina. 2020. Literasi Media dalam Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Nasrullah, Rulli. 2019. Teori Riset Khalayak Media. Jakarta: Kencana

Poerwaningtias, Intania, P. Rianto, Maulin Ni’am, Dkk. 2013. Model-model gerakan literasi media dan pemantauan media di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Kajian Media dan Budaya.

Rahman, Vudu Abdul, D. Suci Dwina, A. Ridwan Syafii, Dkk. 2018. Literasi dalam saku, mengelola media sosial komunitas tanpa batas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahab, Abdul dan Lestari, Lies Amin. 1999. Menulis Karya Ilmiah. Surabaya: Airlangga University Press.

Winardi, Gunawan. 2002. Panduan Mempersiapkan Tulisan Ilmiah. Bandung: Akatiga.

Ahmed, F., Alimuzjaman Alim, S. M., Islam, S., Bhusan, K., Kawshik, R., & Islam, S. (2016). 433 MHz (Wireless RF) Communication between Two Arduino UNO. American Journal of Engineering Research, (510), 2320–2847.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Sukma Mulya, M. ., & Saepulrohim, A. . (2023). Pemberdayaan Literasi Media dan Teknologi kepada Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 32–44. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1143

Issue

Section

Articles