Pengaruh Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi di Wilayah RW 10 Kelurahan Kopo

Authors

  • Ridwan Rustandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Elsa Citra Agustia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Izma Nuruliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Wilma Khairunnisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pandemi, Pengaruh, Pembelajaran, Jarak jauh

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendampingan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi pada siswa di wilayah RW 10 Kelurahan Kopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan partisipatif yang mengutamakan peran aktif atau keterlibatan siswa yang didampingi.  Cara untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi observasi dilakukan dengan cara terjun langsung di masyarakat, wawancara, dan dokumentasi serta analisa permasalahan yang dihadapi masyarakat pada masalah pendidikan. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah meliputi: pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data / kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberap kendala  yang dialami anak-anak selama pelaksanaan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) seperti ketidakpahaman siswa terhadap materi yang disampaikan gurunya, banyaknya tugas yang diberikan guru, orangtua yang tidak bisa mendampingi dan tidak paham materi Pembelajaran jarak jauh. Sebagai solusi dari kendala Pembelajaran jarak jauh, peneliti mewujudkan kegiatan pendampingan Pembelajaran jarak jauh bagi siswa yang ingin didampingan dengan kendala yang disebutkan sebelumnya. Kegiatan ini memiliki pengaruh positif bagi siswa dan orangtua dalam mengatasi kendala Pembelajaran jarak jauh.

References

Lestari, S., 2019. Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Pada Eks-TKI Di Dusun Sumberwaru Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat), 3(1), p.38.

Abidin, Z., Hudaya, A. and Anjani, D., 2020. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), p.131.

Waryanto, N.H. (2006). “Online Learning sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran”, Jurnal Matematika, 2(1), 12-13.

Zahrotunni’mah. (2020). “Langkah Taktis Pemerintah Daerah dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia”. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i, 7(3), 248.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Rustandi, R. ., Citra Agustia, E. ., Nuruliah, I. ., & Khairunnisa, W. . (2023). Pengaruh Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi di Wilayah RW 10 Kelurahan Kopo. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 9–17. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1108

Issue

Section

Articles