Faktor Penyebab Krisis Mutu Belajar Siswa SDN 01 Tanjung Serupa Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan

Authors

  • Kartika Tri Utami UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • M. Andi Septiandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

faktor, penurunan mutu belajar, pendidikan

Abstract

Masa pandemi Covid-19 ini memberi pengaruh yang cukup berarti pada dunia pendidikan Indonesia. Perubahan pada proses pembelajaran yang dirasa asing membuat  Idonesia harus mampu menyesuaika diri demi mempertahankan mutu belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi penurunan mutu belajar di masa pandemi ini selain itu penelitian ini juga diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi bagi pihak yang berwenang supaya dapat mempertimbangkan langkah selanjutnya yang harus dipilih untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui proses observasi dan wawancara. Penilitian ini menghasilkan dua pendapat yang berbeda yaitu dari pihak orangtua siswa dan guru yang kemudian disajikan dalam bentuk poin penting secara lebih ringkas dan mudah difahami. 

References

Chandra, Rahman, Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. JURNAL BASICEDU.

Chusna, P. A., & Muji Utami, A. D. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Premier.

Evi Surahman, Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). TANTANGAN PEMBELAJARAN DARING DI INDONESIA. KELOLA Journal of Islamic Education Management, 8.

Kristina, N., & Permatasari, C. L. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Belajar Siswa Kelas VIII SMP Kristen 04 Saatiga. Ejournal UKSW Edu.

Purwanto, A. (2021, Agustus 23). KOMPAS PEDIA. Retrieved from Kompaspedia.kompas.id: https://kompaspedia.kompas.id/baca/paparan-topik/ekonomi-dunia-di-masa-pandemi-covid-19-dari-dampak-hingga-proyeksi-pertumbuhan-2021-2022

Soenarso, S. A. (2021, Januari 18). Kontan.co.id. Retrieved from amp.kontan.co.id.

Wibowo, E. A. (2021). KPAI ungkap penyebab turunnya kuaitas Pendidikan di masa Pandemi . Jakarta: TEMPO.CO. Retrieved from nasional.tempo.co.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Tri Utami, K. ., & Septiandi, M. A. . (2023). Faktor Penyebab Krisis Mutu Belajar Siswa SDN 01 Tanjung Serupa Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Way Kanan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(2), 1–8. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1107

Issue

Section

Articles