Implementasi Metode Montessori dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini di YPI RA Al-Barki

Authors

  • Nadia Maulida Hasanah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ramdani Maulana Nur Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sihab Taulani Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Sintia Qorina Darojat Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Siska Septia Maulida Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hajir Tajiri Program Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Montessori, Pengajaran Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berbahasa inggris anak usia 4-6 tahun di YPI RA Al-Barki. Secara umum, anak masih bergantung pada orang tua atau guru dalam memahami pembelajaran. Jika dilihat pada anak usia 4-6 tahun yang ada di YPI RA Al-Barki, mereka sudah memperlihatkan kemampuan yang dimilikinya,  mulai dari mengenal kosa kata dasar melalui benda-benda di sekeliling mereka secara lisan dan tulisan dan memahami intruksi yang diberikan guru di dalam kelas. Pada dasarnya, memberikan kesempatan kepada anak untuk mencari pengalaman secara langsung, dapat menambah kemampuan berbahasa inggris pada anak. Maka peneliti menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa inggris anak usia dini di YPI RA Al-Barki dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan bahasa inggris anak usia dini di YPI RA Al-Barki sebelum pengimplementasian metode montessori, (2) Bagaimana Implementasi metode Montessori dalam kemampuan bahasa inggris anak usia dini di YPI RA Al-Barki, (3) Bagaimana kemampuan bahasa Inggris anak usia dini di RA Al-Barki setelah pengimplemntasian metode montessori. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa yang digunakan yakni model Miles dan Huberman dimana dalam proses analisanya dimulai dari mereduksi data, kemudian menyajikan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Montessori dalam pembelajaran bahasa inggis khususnya di YPI RA Al-Barki Cisaruni berkembang cukup bagus karena anak mulai mampu mengenal kosa kata dasar sampai dengan memahami konsep dan mampu memahami intruksi yang diberikan guru dengan sedikit atau tanpa bantuan sama sekali

References

Abdulabdullah. 2015. Makalah Bahasa Inggris Tentang Metode Permainan dan Nyanyian Dalam Mengajar Bahasa Inggris

Alaskar, H.F. (2010). The Montessori Method in Enhancing English As a Foreign Language Kindergarten Children’s Learning: A Case Study. Imam Mohammed Ibn Saud Islamic University, College of Languages and Translation

Apriliana. (2018). The Implementation of Teaching English to Young Learners in Public Primary Schools in Pringsewu, Lampung Province, Indonesia.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2017. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. London: SAGE publications.

Elytasari, S. (2017). Esensi metode Montessori dalam pembelajaran anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 59-73.

Lesley Britton, 2017. Montessori Play and Learn (ed terjemahan), (Yogyakarta, PT BentangPustaka.

Maya Ivy.(2019). Montessori For Multiple Integensi, Yogyakarta: PT Betang Pustaka

Montessori Australia. 2018. Montessori national curriculum. Retrieved on June 2, 2018, from https://montessori.org.au/montessori-national-curriculum.

Montessori, M. (2014). The Montessori method. New Brunswick: Transaction Publishers

Montessori, M., Hunt, J. M., & Valsiner, J. (2017). The montessori method. Routledge.

Nunan, D. (2010). Teaching English to young learners. Anaheim University.

Setiawan, N. A., & Widianingtyas, N. 2017). Proceedings of the 4th International Language and Language Teaching Conference (LLTC) 2017: Montessori approach to enhance students’ speaking fluency: A survey research in BOPKRI 2 JHS Yogyakarta. Yogyakarta: Sanata Dharma University.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Suryana Dadan 2016, Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak, Jakarta : CV kencana

Wahyudi, A. (2019). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BERBASIS MONTESSORI: indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 4(2), 33-39.

Wulanjani, A., N., (2016). The Use of Vocabulary-Games in Improving Children’s Vocabulary in English Language Learning.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Hasanah, N. M., Nur, R. M., Taulani, S., Darojat, S. Q., Maulida, S. S., & Tajiri, H. (2022). Implementasi Metode Montessori dalam Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Anak Usia Dini di YPI RA Al-Barki. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(84), 1–9. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1092

Issue

Section

Articles