Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Pembelajaran Menyenangkan pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bojongsari

Authors

  • Rizar Prihaningsih Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh Prodi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Minat Belajar, Pembelajaran Menyenangkan, Pandemic Covid-19

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang memilukan bagi seluruh masyarakat Indonesia serta kegiatan diberbagai bidangpun terganggu, tanpa kecuali di bidang pendidikan. Kondisi ini mengharuskan Indonesia untuk menghentikan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, dan membatasi dengan diterapkannya sistem pembelajaran daring (dalam jaringan). Namun, dampak negatif dari sistem pembelajaran daring ini menyebabkan anak-anak menjadi jenuh sehingga mengakibatkan menurunnya semangat dan minat belajar. Sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, kegiatan KKN yang dilakukan oleh peneliti dan berkolaborasi dengan kelompok KKN 25 yang bertempat di Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung ini memiliki tujuan untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan serta memberikan motivasi belajar yang baik agar dapat meningkatkan minat belajar siswa-siswi pada situasi yang terjadi saat ini. Adapun program yang dapat menunjang yakni program Joyfull Learning dengan memberikan pembelajaran yang menyenangkan dalam memahami materi-materi keagamaan. Dan beberapa kegiatan di dalamnya antara lain, pembelajaran yang menyenangkan, ice breaking dan pemberian motivasi. Metode yang digunakan dalam program ini adalah Didik Hibur yaitu pendekatan yang digunakan dalam Pengajaran dan Pemudahcaraan (PdPc) atau proses belajar mengajar untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam keterampilan mendengarkan dan berbicara, membaca serta menulis dengan pengajaran guru secara santai dan menyenangkan, seperti dengan pemberian dan penyajian materi melalui nyanyian, permainan ice breaking dan kuis. Sehingga secara bertahap anak-anak dapat menghilangkan kejenuhan belajar dan mampu menghadirkan semangat dan dapat meningkatkan minat belajar siswa-siswi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Prihaningsih, R., & Khumaeroh, M. S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Pembelajaran Menyenangkan pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Bojongsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(79), 167–185. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1082

Issue

Section

Articles