Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal dan Non-Verbal Anak Berdasarkan Nilai Norma Sosial Melalui Atraksi Interpersonal

Authors

  • Apendi Hadiana Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hisam Murtaqi Makarima Prodi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Moch Nur Zamzam Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saepul Bahtiar Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Heny Mulyani Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Anak-Anak, Komunikasi, Norma Sosial

Abstract

Pada dasarnya anak-anak rentang usia 4 sampai 15 tahun memang masih dalam usia matang untuk mempelajari banyak macam hal. Pada rentang usia tersebut juga, anak-anak masih rawan mendapat hal-hal yang kurang pas untuk ditiru untuk dijadikan kebiasaan dalam kesehariannya. Maka dari itu, kami mahasiswa KKN Kelompok 317 menggarisbawahi komunikasi menjadi concern utama dalam pengabdian yang penulis bahas dalam tulisan ini. Bagaimana ragam komunikasi verbal maupun nonverbal begitu penting untuk diperhatikan terutama oleh anak-anak. Penggunaan bahasa yang baik dan sopan serta pengenalan nilai norma sosial yang berlaku di masyarakat menjadi tujuan utama dalam upaya memberikan pemahaman tersebut kepada anak-anak Kampung Nyalindung Desa Cikole Kecamatan Lembang. Adapun metode yang dilakukan adalah observasi karena secara langsung terlibat dalam pengabdian

References

Apriliaswati, R. (2010). Meningkatkan Komunikasi Verbal dan Nonverbal Berdasarkan Nilai Norma Sosial Melalui Peer Interaction. Jurnal Cakrawala Kependidikan.

Budi, R. (2010). Pengantar Ilmu Komunikasi. Makassar: Kretakupa Print.

Karyaningsih, P. D. (2018). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Samudra Biru.

Mulyana, D. (2000). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktavianingsih, E. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Verbal Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. KMP Education Research Conference.

Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi sebagai Kegiatan Komunikasi sebagai Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahmi, P. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 19-44.

Rakhmat, J. (1985). Psikologi Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rasyid, N. A. (2020). Memahami Aspek Filsafat dalam Ilmu Komunikasi dan Dakwah. Al-Mishbah, 190.

Sumarmi, M. A. (2012). Pengaruh E-Learning Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Inggris (Studi Eksperimen pada SMK Negeri 3 Tabanan). Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 1-19.

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Hadiana, A., Makarima, H. M., Zamzam, M. N., Bahtiar, S., & Mulyani, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Verbal dan Non-Verbal Anak Berdasarkan Nilai Norma Sosial Melalui Atraksi Interpersonal. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(79), 118–127. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1077

Issue

Section

Articles