Pendampingan Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemi Bagi UMKM di Desa Pondokbungur

Penulis

  • Athallah Hadi Antarianto Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nuri Yatul Hikmah Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salma Sabilla Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Inne Marthyane Pratiwi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Digital, Pendampingan, UMKM

Abstrak

Pandemi Covid-19 yang mewabah di dunia sejak tahun 2020 mengakibatkan dampak besar terhadap segala aspek, termasuk aspek ekonomi. Dampak ini turut dirasakan oleh sektor UMKM makanan ringan milik Ceu Heti. Pemberdayaan ini bertujuan membantu Ceu Heti dalam meningkatkan penjualan produk. Metode pemberdayaan yang digunakan adalah: 1) Identifikasi masalah, 2) Diskusi dan Penyuluhan Pemasaran Digital, 3) Pendampingan Pemasaran Digital, 4) Strategi Branding Produk, serta 5) Evaluasi. Diskusi yang dilakukan bersama dengan pemilik usaha menghasilkan beberapa program yang yang disinergikan secara bersama, yaitu terciptanya sebuah nama dan logo produk, pendampingan dan pengenalan produk dalam pemasaran digital, dan pendampingan dalam menciptakan sebuah branding produk yang optimal. Dengan pendampingan pemasaran digital ini, pemilik usaha mampu memasarkan produknya di pasar digital melalui media sosial.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-24

Cara Mengutip

Antarianto, A. H., Hikmah, N. Y., Sabilla, S., & Pratiwi, I. M. . (2023). Pendampingan Strategi Pemasaran Digital dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemi Bagi UMKM di Desa Pondokbungur. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(1). Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1065

Terbitan

Bagian

Articles