Optimalisasi Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi di Desa Genteng Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka

Authors

  • Lela Nurohmah Program Studi Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tanti Dewinggih UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Desa, Pendidikan

Abstract

Sejak adanya pandemic Covid-19 yang terkonfirmasi pada tanggal 2 Maret 2020 lalu, system pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan. Demi mengutamakan kesehatan, pemerintah terpaksa menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam masa darurat Coronavirus disease (Covid-19), yang memerintahkan seluruh satuan pendidikan melakukan pembelajaran jarak jauh/daring atau yang dikenal dengan system belajar online dari rumah. System pembelajaran online ini memiliki banyak kendala terutama bagi anak- anak yang tinggal di pedesaan. Artikel ini mejelaskan bagaimana cara mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar di masa pandemic Covid-19 dengan menjadikan anak-anak desa sebagai sasarannya berdasarkan penelitian sekaligus pengabdian melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbaris Pemberdayaan Masyarat (KKN DR Sisdamas) yang bertempat diĀ  Kampung Cililin RT 01/RW 03 Desa Genteng Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu menjelaskan fakta-fakta kejadian berdasarkan sumber yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pendidikan agama dan umum di wilayah pedesaan selama masa pandemic Covid-19 dapat dioptimalkan melalui kegiatan rutin maghrib mengaji dan bimbingan belajar anak.

References

Anita Wardani, Yulia Ayriza. (2021). Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Masa Pandemic Covid-19.

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 772-782.

Euis Kurniawati, Dina Kusumadinata NA, Fitri Andriani. (2021). Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 5. 241-256.

Nawawi, H. (2003). Menejemen SDM Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Nugraheny, Aulia Riska. (2021). Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemic. Banjarmasin : Universitas Lampung Mangkura

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Kalam Mulia.

Rendiawati, Rindi. (2021). Comparasi Pendidikan Anak Desa dan Kota di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia. Vol 5. 1503-1520.

Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. (2003). Jakarta : cemerlang. 17.

Yin, R. (2003). Case Study Research : Design And Method. Open jurnal of social science. 68-90.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Nurohmah, L., & Dewinggih, T. (2023). Optimalisasi Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi di Desa Genteng Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 2(1). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1061

Issue

Section

Articles