Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Kesehatan, Sosial, Dan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Langonsari

Authors

  • Ahyani Nurrahmi Hakim Prodi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hesti Kurnia Fatmah Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Solihin Solihin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Pemberdayaan, Pendidikan, Sosial

Abstract

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru (SARS-CoV-2) yang saat ini telah menjadi masalah kesehatan global dan kondisi ini berpengaruh pada segala aspek kehidupan. Maka dilakukan berbagai upaya untuk meningkatkan suatu kapasitas masyarakat dalam memecahkan berbagai permasalahan mengenai peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, maupun kemandiriannya di masa pandemi. Program kegiatan yang dilaksanakan dalam Kuliah Kerja Nyata ini diharapkan kedepannya dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat, sehingga dapat menjadi adaptasi kebiasaan baru yang bukan hanya berlaku saat pandemi Covid-19, tetapi berkelanjutan dalam tatanan kehidupan sehari-hari. Diharapkan pula kedepannya masyarakat Desa Langonsari dapat meningkatkan kesejahteraan dalam bidang kesehatan, sosial dan pendidikan ditengah wabah Covid-19. Adapun program kegiatan pemberdayaan yang kami lakukan antara lain : 1) pembagian masker, 2) edukasi cuci tangan dan gosok gigi, 3) gebyar vaksinasi, 4) posyandu, 5) kerja bakti, 6) pembersihan masjid, 7) pendataan perpustakaan PRC, 8) Mengajar di CEO Langonsari. Hasilnya, melalui beberapa kegiatan diatas mampu menyadarkan dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya peduli terhadap lingkungan sekitar dalam bidang kesehatan, sosial dan pendidikan.

References

Aziz, R., Asro, Kamelia, L., & Hadiansyah, Y. (2020). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas) Masa Wabah Covid-19. Bandung: Lembaga Penelitian dan Pengabduan Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Desrina Yusi Irawati, Y. H. (2019). Peningkatan Lingkungan Bersih dan Sehat di Kampung Kalisari Timur I, Surabaya. Jurnal Bakti Sintek Vol 1, No. 2 , 47-52.

Dimyati, M. (2018). Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Edisi XII. Jakarta: KEMENRISTEKDIKTI.

Encang Saepudin, E. R. (2017). Peran Posyandu Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu dan Anak. du Sebagai Pusat Informasi Kesehatan Ibu dan Anak. Record and Library Journal . Vo l 3, No. 2 , 201-208.

Erida Fadila, F. A. (2019). PENYULUHAN KESEHATAN PERSONAL HYGIENE DI SDN 1 GREGED KABUPATEN CIREBON . Jurnal Kreativitas dan Pengabdian Masyarakat, 31-35.

Iskak. (2021). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Vaksinasi Di Masjid Al – Ikhlas, Jakarta Barat. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat Vol 1 No 3, 222-226.

Rohim, A. (2021). Edukasi Pemakaian Masker Sebagai Upaya Penegakan Protokol Kesehatan Di Era Pandemi Covid -19 Pada Masyarakat Kampung Kebonso Rt 02 Rw 02, Pulisen, Boyolali. . Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora, 58-63.

Selomo, M., Birawida, A. B., Mallongi, A., & Muammar. (2016). Bank Sampah Sebagao Salah Satu Solusi Penanganan Sampah di Kota Makassar. Jurnal MKMI, Vol 12 No. 4, 223.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Nurrahmi Hakim, A. ., Kurnia Fatmah, H. ., & Solihin, S. (2022). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Kesehatan, Sosial, Dan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Langonsari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(60), 149–167. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1025

Issue

Section

Articles