Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Cimenyan Rw 03

Authors

  • Anis Nashooihul Umam Akidah Filsafat, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asep Bukhari Mujahiddin Prodi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Haurin Royyan Mutasyfa Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nurul Rahmawati Pendididikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Putri Nurizka Fatwa Alfitrah Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yana Sutiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Peserta Didik, Orangtua

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pondasi dalam kemajuan suatu bangsa. Melalui Pendidikan juga seseorag mampu untuk membentuk moral yang lebih baik serta meningkatkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. Namun, karena semakin meningkatnya penularan covid-19 yang terkonfirmasi di Indonesia yang memaksa pemerintah mengeluarkan kebijakan demi menekan penyebaran virus Covid-19 tersebut, sehingga diterapkanlah peraturan yang berdampak pada Pendidikan saat ini. Kebijakan yang ada saat ini tidak hanya berpengaruh pada sistem Pendidikan dan juga proses pembelajaran peserta didik, namun juga terhadap bagaimana keterlibatan orangtua terhadap pendidikan di masa pandemi ini. Untuk menjawab permasalahan tersebut, para peserta KKN kelompok 159 membuat sebuah kegiatan pengabdian yang mana kegiatan ini diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Tujuan daripada kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan antusias dan juga motivasi anak-anak akan belajar walau secara daring serta membantu para orangtua yang mengalami kesulitan untuk membimbing anak-anaknya dimasa pandemi ini.

References

An-Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam Di Rumah Sekolah Dan Masyarakat . Bandung: Gema Insani Press.

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fahimah, I. (2019). Kewajiban Orang Tua Terhadap Anak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Hawa, I(1), 35-50.

Firman, & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 81-89.

Hadi, A. (2016). Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam UU No.23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak. Jakarta: An-Nisa.

Iftitah, S., & Faridhatul, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Rumah Selama Pademi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), IV(2), 71-81.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluargan dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, VIII(2), 246-260.

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Moore, J. L., Dickson-Diane, C., & Gaylen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. Elsevier, 129-135.

Prasojo, L., & Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Quthub, S. (2002). Tafsir Fi Zilalil Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press.

Setiardi, D. (2017). Keluarga sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jurnal Tarbawi. Vol. 14. No. 2, 136.

Syahraeni, A. (2015). Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak. Al-Irsyad Al-Nafs Jurnal Bimbingan Penyuluhan, II(1),, 27-45.

Tirtarahardja, U., & La Sulo, S. (2005). Pengantar Pendidikan Edisi Revisi, Cet. II. Jakarta: Rineka Cipta.

Uhbiyat, N. (1998). Ilmu Pendidikan Islam Jilid I. Bandung: Pustaka Setia.

Utami, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. SEMINAR NASIONAL PASCASARJANA 2020: ISSN: 2686 6404 (pp. 472-479). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran "landasan dan aplikasinya". Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Nashooihul Umam, A. ., Bukhari Mujahiddin, A. ., Royyan Mutasyfa, H. ., Rahmawati, N. ., Nurizka Fatwa Alfitrah, P. ., & Sutiana, Y. . (2022). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Cimenyan Rw 03. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(60), 53–65. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1005

Issue

Section

Articles