Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Cilalareun Bandung

Authors

  • Bobby Adam Pendidikan Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Emul Mulyana Pendididikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nada Aliya Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasya Salsabila Prodi PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasya Salsabila Prodi PAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Setia Mulyawan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bimbingan Belajar, Pembelajaran Online, Kampung Cilalareun

Abstract

Dalam kondisi pandemi saat ini, sektor pada pendidikan merupakan salah satu bidang yang terkena dampak yang cukup sangat besar. Dengan adanya pandemi saat ini permasalahan pun bermunculan sebagai salah satu contoh nya ialah dimana siswa baik itu TK, SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi diharuskan belajar mengajar dari rumahnya masing-masing. Hal tersebut tentunya memunculkan berbagai permasalahan dan juga kendala baru dalam dunia pendidikan. Salah satunya dimana orang tua yang sibuk akan pekerjaan atau urusannya masing-masing menjadi tidak bisa membimbing dan mengarahkan anak untuk belajar. Dari permasalahan tersebut berbagai upaya dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, salah satunya yaitu dengan melalui program kerja KKN DR SISDAMAS 2021. Pendampingan belajar atau Bimbingan belajar merupakan salah satu bentuk dari kontribusi mahasiswa KKN UIN Sunan Gunung Djati Bandung kepada masyarakat upaya membantu para orang tua yang tidak bisa mendampingi anaknya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehari-hari, dan juga bagi orang tua yang kesulitan untuk memahami materi pelajaran siswa. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan secara tatap muka tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. Teknik analisa data secara naratif deskriptif. Hasil kegiatan menunjukan orangtua merasa terbantu dengan adanya program bimbingan belajar serta anak-anak menunjukan sikap antusias dan lebih termotivasi dalam belajar.

References

Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi orang tua dalam mengajar dan mendidik anak dalam pembelajaran at the home masa pandemi COVID-19. Al Athfal: Jurnal kajian perkembangan anak dan manajemen pendidikan usia dini, 3(1), 37-46.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fandatiar, G., Supriyono, S., & Nugraha, F. (2015). Rancang bangun sistem informasi kuliah kerja nyata (KKN) pada Universitas Muria Kudus. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 6(1), 129-136.

Prasetya, I., Ulima, E. T., Jayanti, I. D., Pangestu, S. G., Anggraeni, R., & Arfiah, S. (2019). Kegiatan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Kelurahan Bolong Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 1(1), 30-34.

Setiawan, Y. B., & Sumarah, I. E. (2020). Pendampingan Bimbingan Belajar Matematika Untuk Membangun Resiliensi Siswa Kelas 6 SD Cahaya Bangsa Utama. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2), 110-121.

Luthfian, F. N., Suwarni, I. D., Lestari, I., & Rakhman, M. A. Efektifitas Pendampingan Belajar Terhadap Anak Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19.

Nazlah, N., & Sulistyo, W. D. (2021). Pendampingan Sekolah Online Siswa Sekolah Dasar Melalui Kegiatan SIPUNG (Sekolah Ing Kampung) Pada Masa Pandemi Covid 19 Sebagai Solusi Mengatasi Pendidikan Di Desa Nguling-Pasuruan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 221-232.

Hidayat, (2011). Konsep Dasar dan Pengertian Produktivitas Serta Interpretasi Hasil. Jakarta: Prisma

Effendi, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Tarkuni. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 1. Nomor 1.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Adam, B. ., Mulyana, E. ., Aliya, N. ., Salsabila, T. ., Salsabila, T. ., & Mulyawan, S. . (2022). Pendampingan Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kampung Cilalareun Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(60), 44–52. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1004

Issue

Section

Articles