Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Nurfitri Yulianti Witrin Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Gamayanti Gamayanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Metode bernyanyi, Bahasa Arab, Pembelajaran kosakata

Abstract

Kemampuan berbahasa terutama kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab adalah kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai terutama pada anak usia dini. Pembelajaran bahasa Arab baik dilakukan sejak dini. Selain berguna untuk membaca Al-Quran, manfaat belajar bahasa Arab sejak dini bertujuan agar bisa mempelajari dan menggali ilmu pengetahuan, khususnya tentang ilmu keislaman. Hal tersebut, bertujuan agar minat anak-anak terhadap bahasa Arab bisa lebih meningkat. Pembelajaran berbahasa untuk anak usia dini diharapkan bisa diajarkan melalui kegiatan yang lebih menarik salah satunya dengan bernyanyi. Tujuan penggunaan metode bernyanyi adalah agar peserta didik yang takut, malas dan tidak menyukai Bahasa Arab menjadi tertarik dan senang dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti, yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap guru dan aktivitas belajar anak. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas anak-anak dalam pembelajaran bisa lebih optimal apabila materi yang diberikan merangsang dan menarik minat belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan metode bernyanyi. Penelitian ini memiliki tujuan dapat meningkatkan mutu pendidikan dikemudian hari. Selain itu juga dengan menggunakan metode bernyanyi, anak menjadi lebih tertarik dalam belajar dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.

References

Ali Imron & Dewi Farda Fajriyyah. 2021. Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI. Jurnal Pendidikan MI/SD.

Anshor, A. M. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Yogyakarta: Teras.

Davik. 2020. Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab Siswa. Jurnal Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

Jannah, L. A. 2013. Kesalahan-kesalahan Guru PAUD yang Sering Dianggap Sepele. Yogyakarta: Diva Press.

Khulli, M. Ali. 1986. Assaliiba Tadaris Al-Lughoh Al-Arabiyah. Jakarta: Al-Adeeb Library.

Mashuri, & Dewi, M. 2017. Penerapan Metode Bernyanyi dan Media Flah Card untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal Mudarrisuna.

Mulyana. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nikmah, K. 2017. Penggunaan Teknik Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, Dan Humaniora, 4(2).

Nisa, Ika Khoirun., Rahmi, Novita., Walfajri 2020. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Di Mts Ma’arif Nu 07 Purbolinggo. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab.

Ridwan, & Awaluddin A.Fajar. 2019. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika Jurnal Kependidikan.

Susanto, A. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Yusriana, A. 2012. Kiat-kiat Menjadi Guru PAUD yang Disukai Anak-anak. Yogyakarta: Diva Press.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Yulianti Witrin, N. ., & Gamayanti, G. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Kosakata di Masa Pandemi Covid 19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(60), 31–43. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1003

Issue

Section

Articles