Implementasi Program Bank Sampah Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Masa Transisi Covid-19

Authors

  • Liya Nur Fatimah Program studi Biologi, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Marwan Abdul Rosyid Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah, Fakultas Syari'ah dan Hukum, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lia Sania Nur Haulia Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pendidikan dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Fajar Fathurrohman Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mufid Ridlo Effendi Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Tekhnologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bank Sampah, Ekonomi Kreatif, Lingkungan, Masyarakat, Pemberdayaan

Abstract

Permasalahan mengenai pengelolaan sampah di masyarakat selalu menjadi hal yang masih sulit untuk ditangani dengan baik. Khususnya sampah plastik, hal tersebut  karena minimnya edukasi pada warga mengenai pengelolaan sampah. Adapun alternatif sederhana untuk mengelola sampah yaitu dengan mengembangkan program bank sampah. Program Bank Sampah yang diintegrasikan dilaksanakan di Kampung Pasir Awi, Desa Sukajaya, kecamatan Sukaresmi, kabupaten Garut. Pada dasarnya bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah (kering) rumah tangga yang dapat di daur ulang kembali, sampah ini kemudian dipilah serta memiliki sistem manajemen seperti halnya perbankan, tetapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Pemberdayaan masyarakat melalui program bank sampah dan sosialisasi yang bekerja sama dengan komunitas dan kemitraan terkait diharapkan dapat meningkatkan partisipasi , interaksi dan Komunikasi serta meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.  Bank sampah ini telah memberikan manfaat kepada masyarakat dengan berkurangnya timbulan sampah di lingkungan dan terwujudnya lingkungan sehat yang bersih, hijau, dan nyaman. Selain manfaat bagi lingkungan sekitar, kegiatan bank sampah juga bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat.

References

Agustin, Henny, dkk. (2020). Pengembangan Bank Sampah Terkomputerisasi Di Desa Cibitung Wetan, Bogor. Jurnal Kumawula, Vol. 3, No.2, Agustus 2020, Hal 140 – 153

Asteria, D. (2016). Bank Sampah Sebagai Alternatif Strategi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Tasik Malaya. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 23, 136-141.

Elamin, M. Z. (2018). Analisis Pengelolaan Sampah Pada Masyarakat Desa Disanah Kecamatan Sreseh Kabupaten Sampang. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10, 368-375.

Pakaya, S. I. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah Menjadi Nilai Ekonomis dan Pembentukan Bank Sampah di Desa Pentadu Timur Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Jurnal Pengabdhi, 110-118.

Putra, H. Purnama & Yuriandala, Yebi. (2010). Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol 2 No. 1, 21-31.

Saputro, Y. E. (2015). Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat Melalui Bank Sampah. Indonesian Journal of Conservation, 4, 83-93.

Selomo, M. (2016). Bank Sampah Sebagai Salah Satu Solusi Penanganan Sampah di Kota Makassar. Jurnal MKMI, 12, 232-240.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Fatimah, L. N. ., Rosyid, M. A., Haulia, L. S. N., Fathurrohman, M. F., & Effendi, M. R. (2022). Implementasi Program Bank Sampah Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Masa Transisi Covid-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/980

Issue

Section

Articles