Pemberdayaan Masayrakat Kampung Nangoh Desa Sindanggalih Kecamatan Karangpawitan Garut dalam Bidang Pendidikan

Authors

  • Siham Adzhan Al-Mujaddid Program Studi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yadi Mardiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

KKN, Masyarakat, Pengabdian

Abstract

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata ialah proses pembelajaran mahasiswa semester 7, yang bertujuan untuk bisa memberikan atau menyalurkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari oleh mahasiswa atau mahasiswi kepada masyarakat, tentunya program ini membutuhkan sebuah tempat yang akan disalurkan ilmu-ilu tersebut, maka kami memilih tempat di kampung Nangoh, kecamatan Karangpawitan, kabupaten Garut, Jawa Barat. KKN ini juga merupakan bentuk dari pengabdian mahasiswa atau mahasiswi kepada masyarakat, yang mana ini ialah sesuai dengan thidarma dari universitas untuk bisa menjadi orang yang berguna bagi masyarakat, karena pada intinya kita akan kembali kedalam kehidupan bermasyakat.

References

Aliyyah, R. R. et al. 2018. Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat Increased Love for the Environment and Empowerment of Rural Communities Through Community Service Programs. 46-60.

Anisa, C, & Rahmatullah, R. 2020. Visi Dan Misi Menurut Fred R. David Perspektif Pendidikan Islam. Journal EVALUASI, 4 (1), 70.

Ardana. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewantry., Budiwati,SD., & Sanjaya,MB. 2015. Aplikasi Pengelolaan Dana Donasi untuk Penderita Kanker (Studi Kasus: Yayasan Kanker Indonesia)

Gibson, James L. et al. 1996. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses.

Handitya, B. 2018. Peran Pendidikan Dalam Membangun Moral Bangsa Di Era Disrupsi. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Politik Dan Kewarganegaraan, 2 (1), 41-52.

Hardjasoemantri, K. 2007. Peran Pemuda Pelajar Indonesia dalam Perjuangan Bangsa: sebuah refleksi dan harapan. Jurnal Sejarah Yayasan Masyarakat Sejarawan Indonesia, 13.

Hosman, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

I Wayan Cong Sujana. 2019. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 29-39.

Kartasasmita, Ginanjar. 1996. Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: Pustaka Cidesindo.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal.

Lazwardi, D. 2017. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan. Idarah: Jurnal Pendidikan Islam, 7 (1), 99-112.

O.S. Prijono, dan A.M.W. Pranarka. 1996. Pemberdayaan: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: Penerbit CSIS.

Riduan, Akhmad. 2016. Pelaksanaan Kegiatan kepada Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 3. No. 2. Hal : 95-99.

Sodik, F. 2020. Pendidikan Toleransi Dan Relevansinya Dengan Dinamika Sosial Masyarakat Indonesia. Tsamratul Fikri, 14 (1), 1-14.

Suharno, Edi. 2009. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Pemberdayaan Masyarakat dan Jaring Pengaman Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syah, M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penulis KKN DR. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (KKN DR Sisdamas) Pengabdian di Masa Pandemi Bermitra Dengan Satgas Covid-19. Bandung: LP2M UIN SGD Bandung.

Widjaja, HAW. 2003. Otonomi Desa Merupakan Otonomi yang Asli, Bulat, dan Utuh. Jakarta: Rajawali Pres.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Al-Mujaddid, S. A. ., & Mardiansyah, Y. (2022). Pemberdayaan Masayrakat Kampung Nangoh Desa Sindanggalih Kecamatan Karangpawitan Garut dalam Bidang Pendidikan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(89). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1354

Issue

Section

Articles