Penyuluhan Kesehatan Gigi Melalui Metode Audio Visual dan Demonstrasi pada Anak MI

Authors

  • Dina Nisa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Iyan Riana Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Kintan Safira Meidiza Putri Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nurul Aulia Hidayat Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Syifa Rahma Tsania Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rd. Amar Muslih Prodi Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Kesehatan Gigi, Metode Audio Visual, Metode Demonstrasi, Pengabdian, Penyuluhan

Abstract

Saat ini pemeliharaan kesehatan gigi pada anak-anak usia dini tidak diperhatikan. Kurangnya edukasi kebersihan gigi terhadap anak oleh para orang tua, menjadi penyebab utama tidak terawatnya gigi sejak usia dini. Tujuan dari mahasiswa dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat desa Sukamulya khususnya anak-anak atau siswa MI, adalah untuk meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya memelihara kesehatan gigi dengan baik sejak dini melalui penyuluhan kesehatan gigi menggunakan metode audio visual dan demonstrasi. Penelitian ini menggunakan metode Sokratik (two way method) dimana metode ini dilakukan dengan cara komunikasi dua arah antara peserta didik dan pendidik/peneliti. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa penyuluhan kesehatan gigi menggunakan metode audio visual dan demonstrasi pada anak-anak efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak mengenai kesehatan gigi dan mulut.

References

Arsyad. (2018). Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan pada Murid Kelas IV dan V SD. Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar, 17(1). https://doi.org/10. 32382/mkg.v17i1.921

Havighurst, R. J. (1948). Developmental tasks and education. University of Chicago Press.

Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(4), 332-337. https://doi.org/10.28926/riset konseptual.v2i4.71

Jampel, I. N., & Puspita, K. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivitas Pembelajaran Mengamati Berbantuan Audiovisual. International Journal of Elementary Education, 1(3), 197-205. http://dx. doi.org/ 10.23887/ijee.v1i3.10156

Kementerian Kesehatan RI. Pusat Promosi Kesehatan: Pengelolaan Media Promosi Kesehatan. Jakarta. 2008.

Kwan, S.Y.L., Petersen, P.E., Pine, C.M., and Borutta, A., (2005), Health Promoting Schools: an Opportunity for Oral Health Promotion, Bulletin of the World Health Organization, 83(9): 677-85.

M. Ilyas & Indah N. P. (2012). Efek penyuluhan metode demonstrasi menyikat gigi terhadap penurunan indeks plak gigi pada murid sekolah dasar. Dentofasial, Vol.11, No.2, Juni 2012:91-95 ISSN:1412-8926

Neamatollahi, H., Ebrahimi, M., Talebi, M., Ardabili, M. H., & Kondori, K. (2011). Major differences in oral health knowledge and behavior in a group of Iranian pre-university students: a cross-sectional study. Journal of oral science, 53(2), 177-184.

Nugraha, A. E. & Suyatmin. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(1), 12-21. https://doi.org/10.47400/jiees.v2i1.25

Nur Indah, Siti. (2021). Meningkatkan Kesehatan Anak Melalui Pembiasaan Sikat gigi di TK Negeri Pakunden. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran 117 No.1 Vol 1. Februari Tahun 2021

Nurhamidah, N., Ramadhan, E. S., Asmawati, A., & Juni, J. (2016). Hubungan status kesehatan gigi dan mulut dengan prestasi belajar siswa/i SD Negeri 2 Sangga Beru Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 35-40.

Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. (2016). Penyuluhan metode audio visual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53-57.

Santrock, John W. (2010). Child Development (Thirteenth Edition). USA: McGraw Hill International Edition.

Saragih M. S. (2015) Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vol 4 No 2 Tahun 2015. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/9127

Supriyono, S. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48.

Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 108-115.

Tagiran, M. (2020, Maret 22). Masih Malasnya Anak Sikat Gigi Malam, Ini Kata Ahli. Tempo.co. https://gaya.tempo.co/read/1322516/masih-malasnya-anak-sikat-gigi-malam-ini-kata-ahli/full&view=ok

Zuraida., Sunnati., & Winda. (2014) Perbandingan Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SD. Cakradonya Dent J 2014; 6(1):619-677.

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Nisa, D., Riana, I., Putri, K. S. M., Hidayat, N. A., Tsania, S. R., & Muslih, R. A. (2022). Penyuluhan Kesehatan Gigi Melalui Metode Audio Visual dan Demonstrasi pada Anak MI. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(44), 36–48. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1136

Issue

Section

Articles