Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bantuan Bibit Tanaman Dalam Upaya Meningkatkan Taraf Hidup di Dusun Cihuni, Desa Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang

Authors

  • Muhamad Fhadli Hansyu Prodi Ilmu Komunikasi Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Permana Shidiq Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Silvy Nurlatifah Sahroni Akidah Filsafat, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Khoiruddin Muchtar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Bibit, Tanaman, Lahan, Taraf Hidup

Abstract

Desa Sukajaya merupakan Desa yang berada di Kecamatan Sumedang Selatan. Salah satu permasalahan yang ada di Desa Sukajaya tepatnya di Dusun Cihuni yaitu pemanfaatan lahan yang kurang baik. Hal itu ditandai dengan banyaknya lahan yang tidak dimanfaatkan dengan baik. Dari permasalahan tersebut, maka pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pemanfaatan lahan yang tidak dimanfaatkan di Desa Sukajaya Dusun Cihuni, melalui program bantuan bibit. Metodologi pengabdian yang dilakukan yaitu refleksi sosial, pencanangan, penyerahan bibit, dan evaluasi. Hasilnya menunjukan bahwa terdapat 500 buah bibit yang diberikan kepada Dusun Cihuni yang terdiri dari 5 jenis bibit tanaman yaitu sengon, rambutan, nangka, salam dan jambu. Dilihat dari respon masyarakatnya khususnya kelompok wanita tani (KWT) terlihat antusias akan pemberian bibit tersebut. Maka dengan begitu, diharapkan program pemberian bibit ini akan meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Sukajaya.

References

Apriliana, E., & Hawarima, V. (2016). Kandungan Buah Rambutan (Nephelium lappaceum L.) sebagai Antibakteri terhadap E. coli Penyebab Diare. Jurnal Majority Vol. 5 No. 2, 126-130.

Dainty, I., Abdullah, S. H., & Priyati, A. (2016). Analisis Peluang Curah Hujan Untuk Penetapan Pola Dan Waktu Tanam Serta Pemilihan Jenis Komoditi Yang Sesuai Di Desa Masbagik Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Rekayasa Pertanian dan Biosistem Vol. 4 No. 1, 207-216.

Harismah, K., & Chusniatun. (2016). Pemanfaatan Daun Salam (Eugenia polyantha) Sebagai Obat Herbal Dan Rempah Penyedap Makanan. Jurnal Warta LPM Vol. 16 No. 3, 110-117.

Harisman, K., Frasetya, B., Sudrajat, A., Birnadi, S., & Sholeha, M. (2019). Penanaman Pohon Sebagai Upaya Menjaga Cadangan Air Tanah dan Mencegah Bahaya Erosi Di Kecamatan Cibiru. Al-Khidmat Vol. 2 No. 1, 34-39.

Hasan, Muhammad, dan Azis, Muhammad. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat (Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal. Makassar: CV. Nur Lina, Pustaka Taman Ilmu.

Hawala, Otenius, Nurhayati, Sri, dan Rochana, Siti, (2019). Pemberdayaan Untuk Meningkatkan Taraf Hidup Di Kampung Adat Cireundeu Cimahi. Jurnal CommEdu Vol. 2, No. 2. 210-219. Khoiriyah, Nurul, (2017), Pengaruh Keberadaan Tanaman Merdeka Kota Metro Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat. Lampung: IAIN Metro.

Muhyani, dan Nurmayasari, Eva. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bidang Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat yang Berkualitas di Desa Sadeng Kolot. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. 4(4): 421426.

Norlita, W., & KN, Tri Siwi. (2017). Pemanfaatan Jambu Biji Bagi Kesehatan Pada Masyarakat Di Desa Sialang Kubang Kecamatan Perhentian Raja, Kampar. Jurnal Photon Vol. 7 No. 2, 131-133.

Pambudi, Dholina Inang dan Erlangga, Rizqi Yudha, (2018). Pemanfaatan Lahan Kosong Sebagai Tanaman Obat Keluarga Warga Puncak Dukuh Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(2): 347-352.

R., Heru Dwi, A., Susi, & P., Ragil B. (2009). Kajian Sengon (Paraserianthes falcataria) Sebagai Pohon Bernilai Ekonomi Dan Lingkungan. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman Vol. 6 No. 3, 201-208. Undra, Vellani Losenni, (2019). Identifikasi pemanfaatan lahan pertanian masyarakat di kecamatan kontukowuna. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi. 4(2): 24-36

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Fhadli Hansyu, M., Shidiq, P., Nurlatifah Sahroni, S. ., & Muchtar, K. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Bantuan Bibit Tanaman Dalam Upaya Meningkatkan Taraf Hidup di Dusun Cihuni, Desa Sukajaya, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(75), 156–164. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1121

Issue

Section

Articles