Pengenalan Digital Marketing Sebagai Strategi Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Farhan Muzakkie Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,p
  • Ikmal Nur Fauzi Prodi Ilmu Al-Qur;an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Santika Wulandari Prodi Akuntansi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung,
  • Yoga Andreansyah Prodi Hukum Pidana Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islman Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nano Nudiansyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Keywords:

Strategi pengembangan, Digital Marketing, Ecommece, UMKM

Abstract

Adanya pandemi covid -19 ini mangakibatkan dampak negatifbagi perekonomian, salah satu sektor yang paling merasakan dampak dari adanya pandemi ini yaitu bagi para pelaku UMKM, dimana para pelaku UMKM merasakan penurunan penghasilan, salah satu desa yang merasakan dampak dari pandemi ini yaitu Desa Cibiru wetan tepatnya di Kampung Cikoneng RW 03. Dimana banyak warganya adalah pelaku UMKM dan merasakan sendiri dampak dari adanya pandemi ini. Agar dapat terus mempertahankan usahanya para pelaku UMKM ini diharuskan memiliki ide–ide yang lebih kreatif dan inovatif lagi dalam mengembangkan usahanya. Dengan adanya permasalah baru yang diakibatkan oleh adanya pandemi covid-19 ini, maka solusi yang kami tawarkan kepada masyarakat adalah dengan memberikan edukasi perihal bagaimana melakukan pemasaran secara digital mengingat digitalitas di banyak aspek kehidupan manusia sudah sangat menjamur, dan melakukan marketing produk UMKM di beberapa E-commerce merupakan hal yang kami berikan kepada masyarakat sebagai sebuah strategi dalam mengembangkan dan meningkatkan Perekonomian UMKM mereka.

References

Dewi, C. I. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. JAMAIKA: Jurnal Abdi

Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang

vol.2 no.2, 56.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol.10 No.1, juni 2020, 90.

Riyanthi Idayu, Mohamad Husni dan Suhandi. (2021). pengembangan Usaha Mikro Kecil dan menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Padeglag Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo Vol.7

No. 1, 74.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Muzakkie, F. ., Nur Fauzi, I. ., Wulandari, S. ., Andreansyah, Y., & Nudiansyah, N. (2022). Pengenalan Digital Marketing Sebagai Strategi Pengembangan UMKM Untuk Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(60). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1009

Issue

Section

Articles